Penganugerahaan Raksa Nugraha Indonesian Consumer Protection Award (ICPA) Tahun 2019

Ditulis pada 16 Oktober 2019 - 19:48

Jakarta, Rabu malam (16/10/2019), Penghargaan Raksa Nugraha Indonesian Consumer Protection Award diberikan kepada perusahaan nasional yang dinilai perduli terhadap perlindungan konsumen di Indonesia, Penganugerahaan Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Ardiansyah Parman bersama Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), Kementerian Perdagangan RI, Veri Anggrijono, dan Wakil Ketua BPKN, Rolas Sitinjak. Sejumlah penerima anugerah tersebut antara lain, PT Petrokimia Gresik, Rumah Sakit PHC Surabaya dan PT Pembangunan Jaya Ancol.

Penganugerahaan ICPA Tahun 2019

Anugerah Raksa Nugraha itu dilatarbelakangi oleh kondisi penyelenggaraan perlindungan konsumen di Indonesia yang selama 20 tahun, tepatnya sejak berlakunya UU No.8/1999 tentang Perlindungan Konsumen, dirasakan belum optimal melindungi hak- hak konsumen.

Penghargaan tersebut juga mendorong agar para pelaku usaha nasional selalu peduli Perlindungan Konsumen yang disebutnya sebagai wujud tanggung jawab untuk mendukung praktik bisnis yang baik, beretika dan bertanggung jawab agar dapat tumbuh berkelanjutan.

Saat ini“NTM (non-tariff measures) ke depan harus kita perbesar. AS (Amerika Serikat) membuat NTM jauh lebih besar dari kita yaitu 5000. Jadi Indonesia kurang kreatif. Indonesia cuma 700,” 

Pemerintahan wajib menjadi instrumen keseimbangan bagi perlindungan konsumen dengan dunia usaha. BPKN ini bertanggungjawab kepasa Presiden. Maka itu diberikan penghargaan kepada 4 perusahaan ini.

Sebelumnya, Arief Safari, Koordinator Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN dalam laporannya mengatakan Anugerah Raksa Nugraha ini akan dilaksanakan setiap tahun sebagai wujud kepedulian terhadap konsumen. 

“Pemberian penghargaan ini akan laksanakan setiap tahun dan tidak dipungut bayaran,” ujarnya.

Penganugerahaan ICPA Tahun 2019

Acara meriah yang dihibur standup comedy itu juga turut dihadiri sejumlah pengusaha nasional, Ketua Harian YLKI Tulus Abadi, Direktur Perlindungan Konsumen Ditjen PKTN, Nina Mora, Direktur Standardisasi Dan Pengendalian Mutu (Standalitu) Frida Adiyati dan lainnya.