TPP SIR

posted on 15 Juli 2020


Tanda Pengenal Produsen Karet – Standard Indonesia Rubber (SIR)

Karet Standard Indonesia Rubber (SIR) adalah karet alam yang diperoleh dari pengolahan lateks, koagulum karet atau bahan olah karet yang berasal dari pohon hevea brasiliensis secara mekanis dengan atau tanpa bahan kimia, berbentuk karet remah (crumb rubber) atau karet bongkah (block rubber) yang sifatnya ditetapkan berdasarkan kriteria mutu.

Pendaftaran Tanda Pengenal Produsen (TPP) SIR diselenggarakan dalam rangka meningkatkan daya saing dan citra produk Indonesia serta mengembangkan pasar Karet Standard Indonesia Rubber (SIR). Sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Penetapan Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Perdagangan, TPP SIR ini menjadi identitas eksportir produsen SIR dimana penerbitannya didasarkan kepada pemenuhan SIR terhadap SNI 1903:2017. Pemenuhan SNI 1903:2017 dibuktikan oleh kepemilikan SPPT-SNI yang diterbitkan oleh Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang telah terakreditasi KAN dan terdaftar di Kementerian Perdagangan.

Pendaftaran TPP SIR dapat dilakukan secara online oleh eksportir produsen SIR melalui portal SIMPKTN (simpktn.kemendag.go.id). TPP SIR akan diterbitkan paling lama 3 (tiga) hari kerja terhitung sejak tanggal dokumen diterima dengan lengkap dan benar.

Infografis TPP SIR