LPK

posted on 28 September 2017


LEMBAGA PENILAIAN KESESUAIAN (LPK)

LPK yang menerbitkan sertifikat kesesuaian merupakan Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) dl dalam negeri atau di luar negeri yang didukung oleh laboratorium penguji dan atau lembaga inspeksi terakreditasl Komite Akreditaai Nasional (KAN), LPK di dalam negei harus dlakreditasi oleh KAN sesuai dengan ruang lingkupnya atau dltunjuk oleh Pimpinan Instansi Teknis dengan ketentuan harus mendapat akreditasl dari KAN paling lambat 2 (dua) tahun sejak penunjukannya.

LPK dari luar negeri dapat melakukan penilaian kesesuaian terhadap barang impor yang telah diberlakukan SNI wajib, apabila telah terakreditasl oleh KAN atau Badan Akreditasi di negara yang bersangkutan yang memiliki perjanjian sating pengakuan (Mutual Recognition Agreement/MRA) dengan KAN. Keputusan Pendaftaran LPK berlaku selama 3 (tiga) tahun dan dapat dlperpanjang.

Tujuan dari pendaftaran tersebut agar dapat mengetahui SPPT-SNI yang telah diterbitkan LPK. LPK yang telah terdaftar wajib menyampaikan laporan setiap 3 (tiga) bulan sekall serta menyampaikan fotocopy Sertifikat kesesuaian untuk barang yang telah diberlakukan SNI wajib kepada Direktorat Standardisasi Kementerian Perdagangan RI. Untuk mewujudkan proses pendaftaran LPK yang cepat dan tepat maka Direktorat Standardisasi memerlukan suatu sistem Informasl pendaftaran LPK secara online.