Pelayanan Sertifikasi

posted on 28 September 2017


Pelayanan Jasa Sertifikasi Produk

Lembaga Sertifikasi Produk PPMB (LSPro-PPMB) adalah lembaga yang memberikan pelayanan jasa sertifikasi produk untuk menghasilkan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT-SNI). Dalam menjalankan tugasnya, LSPro-PPMB bekerja berdasarkan ruang lingkup kewenangan sertifikasi yang diperoleh dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) maupun kewenangan sertifikasi berdasarkan penunjukan dari instansi/ kementerian teknis terkait.

Dalam melaksanakan proses sertifikasi produk, LSPro-PPMB didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional. LSPro-PPMB memiliki tenaga tetap Lead Auditor, Auditor, Tim Pengkaji dan Petugas Pengambil Contoh (PPC) untuk melakukan evaluasi di lapangan/ lokasi pabrik dan kajian sesuai dengan produk yang akan disertifikasi.

LSPro-PPMB selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dalam memberikan pelayanan jasa sertifikasinya. Untuk itu, LSPro-PPMB senantiasa melakukan evaluasi perbaikan berkelanjutan dan selalu berusaha untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan jasa sertifikasi produk kepada semua pelanggan.

 

Pelayanan Jasa Sertifikasi Person

Dalam rangka pengawasan produk yang SNInya diberlakukan secara wajib terhadap beberapa produk impor dan meningkatkan daya saing terhadap produk ekspor di pasar global serta dalam rangka perlindungan konsumen dibidang keselamatan, keamanan, kesehatan dan pelestarian fungsi lingkungan hidup, maka produk yang akan diekspor/impor maupun untuk keperluan memperoleh Sertifikat Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI) perlu dilakukan pengujian mutu. Pengujian mutu produk tersebut dilakukan oleh laboratorium penguji mutu yang contoh ujinya diambil oleh Petugas Pengambil Contoh (PPC) yang kompeten. Untuk memastikan dan menjaga kompetensi dari seorang PPC, Lembaga Sertifikasi Person PPMB memberikan pelayanan sertifikasi person PPC berdasarkan ruang lingkup kewenangan sertifikasi yang diperoleh dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

organisasi Lembaga Sertifikasi Person (LSP-PPMB) mengacu pada SNI ISO/IEC 17024:2012 tentang Penilaian kesesuaian–Persyaratan umum lembaga sertifikasi person. LSP-PPMB telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak tahun 2000 dengan Nomor Akreditasi : LSP-002-IDN.

 

Pelayanan Jasa Pelatihan

Lembaga Pelatihan PPMB (LP-PPMB) adalah suatu lembaga pelatihan yang berada di lingkungan Balai Sertifikasi, Direktorat Pengembangan Mutu Barang, Kementerian Perdagangan yang beroperasi secara independen dalam memberikan pelayanan jasa pelatihan teknis dan non teknis kepada semua pihak dalam upaya memenuhi peningkatan kompetensi personel yang erat hubungannya dalam bidang pengembangan mutu barang.

LP PPMB telah disertifikasi ISO 9001:2008 sejak tahun 2010.

LP PPMB menyediakan pelatihan peningkatan kompetensi teknis dan non teknis dimana silabusnya disusun secara khusus dan spesifik untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha, instansi pemerintah dan swasta.

Jasa pelatihan teknis mempersiapkan personil-personil untuk segala kegiatan teknis, seperti pelatihan petugas pengambil contoh, pengujian mutu dan kalibrasi. Pelatihan peningkatan kompetensi non teknis seperti sistem manajemen mutu, audit internal dan penyusunan dokumen sistem manajemen mutu.

Leaflet Lembaga Sert. LSP_2017

Leaflet Lembaga Sert. Produk_2017

Leaflet Lembaga Sert. LP_2017