Dari Kabupaten Batang Ke Seluruh Wilayah, Pelayanan Tera Dan Tera Ulang Tahun 2021 Dimulai

Ditulis pada 07 Januari 2021 - 16:59

Talkshow-1

Batang, 7 Januari 2021 – Dalam rangka menjamin kebenaran hasil pengukuran, penakaran dan penimbangan untuk melindungi kepentingan umum sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal, pelayanan tera dan tera ulang terhadap alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP) dilakukan oleh seluruh Unit Metrologi Legal. Untuk tahun 2021 ini, pelaksanaan pelayanan tera dan tera diawali dari Kabupaten Batang yang ditandai dengan simbolis pembubuhan tanda tera oleh Bupati Batang di sela acara Talkshow Talkshows “Metrologi Legal Menyongsong Terwujudnya Kawasan Industri Terpadu Batang” yang diselenggarakan tanggal 7 Januari 2021.

“Pelayanan tera dan tera ulang merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan tertib ukur dimana perlindungan konsumen menjadi tujuan akhirnya. Pada hari ini, pelayanan tera dan tera ulang khususnya di Kabupaten Batang dimulai dan diharapakan dari Kabupaten Batang, pelayanan tera dan tera ulang di daerah lain di seluruh wilayah Indonesia. Bersama-sama kita capai tertib ukur.” ujar Bupati Batang, Dr. H. Wihaji, S.Ag, M.Pd.

Direktur Metrologi, Rusmin Amin menambahkan pelayanan tera dan tera ulang yang dilakukan oleh Unit Metrologi Legal di seluruh wilayah Indonesia merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia. “Situasi pandemi COVID-19 diharapkan tidak mengurangi semangat untuk mewujdukan perlindungan konsumen dan tertib niaga melalui penyelenggaraan pelayanan tera dan tera ulang serta pengawasan di bidang metrologi legal.” lanjut Rusmin Amin.

Talkshow-2

Metrologi Legal Kabupaten Batang Menyosong Kawasan Industri Terpadu Batang

Pemerintah Daerah Kabupaten Batang mempersiapkan diri dalam membangun Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang salah satu upayanya adalah meningkatkan peran Unit Metrologi Legal Kabupaten Batang dalam memberikan pelayanan kemetrologian sehingga ketertiban dalam pengukuran, penakaran, dan penimbangan dapat terwujud serta ketepatan hasil pengukuran juga dapat dicapai.

Pemerintah Daerah Kabupaten Batang semangat dalam mendorong bagaimana ukuran, takaran, dan timbangan menjadi hal yang penting sehingga tidak hanya memberikan perlindungan kepada masyarakat tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi perekonomian Kabupaten Batang.” ujar Bupati Batang, Dr. H. Wihaji, S.Ag, M.Pd. Keterpaduan antara pemangku kepentingan di Kabupaten Batang dalam rangka mendukung kawasan industri terpadu batang mendorong munculnya kepercayaan masyarakat dan juga pelaku usaha. Bupati Batang menambahkah bahwa Pemerintah Daerah memiliki komitmen untuk membangun hal tersebut.

Direktur Metrologi Rusmin Amin menambahkan Unit Metrologi Legal Kabupaten Batang dari sisi metrologi ke depan akan berkembang dengan adanya Kawasan Industri Terpadu Batang. “Kami dari pusat siap mendukung mengembangkan metrologi mendukung KIT Batang ini. Direktorat Metrologi akan berkolaborasi dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN). Ini adalah sebuah awal bagaimana elemen metrologi yaitu metrologi legal, metrologi ilmiah dan metrologi industri bisa berkolaborasi mendukung KIT Batang.” ujar Rusmin Amin.

Talkshow-3

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perdagangan, dalam hal ini Direktorat Metrologi atas support dan dukungan kepada Kabupaten Batang dalam mengembangkan metrologi di daerah. Tujuan akhir kami adalah Kabupaten Batang sebagai Daerah Tertib Ukur. Sehingga harapan kami adalah peran metrologi dapat dikembangkan dan memberikan manfaat yang seluas-luasnya tidak hanya bagi pelaku usaha tetapi juga bagi masyarakat Batang pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya" pungkas Dr. H. Wihaji, S.Ag, M.Pd.

Dalam kesempatan yang berbeda Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono menyampaikan ‘’Dalam mendukung Kawasan Industri Terpadu, metrologi legal tidak dapat berdiri sendiri, tetapi bersama-sama dengan standardisasi dan penilaian kesesuaian untuk membangun infrastruktur mutu di daerah yang tentunya dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian daerah’’. Veri juga mengharapklansinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah tetap terjaga untuk dapat saling berbagi informasi dan berbagi pengalaman dalam penyelenggaraan kegiatan metrologi di Kabupaten/Kota, khususnya di Kabupaten Batang sehingga peran perlindungan konsumen dan tertib niaga menjadi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.