Penyerahan Bantuan Sosial "KEMENDAG PEDULI" dan Bantuan Kemendag Untuk Pasar dan Gudang SRG

Ditulis pada 20 Mei 2020 - 12:35

Pada Hari ini Rabu, 20 Mei 2020, melalui konferensi persnya di Surabaya Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bersama Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa melakukan acara penyerahan Bansos "Kemendag Peduli" dan bantuan peduli COVID-19 dari Kemendag untuk pasar rakyat dan Gudang SRG (Sistem Resi Gudang). Adapun bantuan yang diberikan berupa alat kesehatan, APD, dan beberapa jenis barang kebutuhan pokok serta uang tunai senilai Rp200 juta yang diterima oleh Ibu Gubernur Jawa Timur untuk diberikan kepada tenaga medis dan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan perjuangan melawan COVID-19.

Kemendag Peduli adalah satuan tugas yang didirikan Kementerian Perdagangan atas inisiasi para pegawai yang ingin menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu menanggulangi pandemi COVID-19 di Indonesia. Selain internal Kementerian Perdagangan, berbagai pihak seperti asosiasi dan institusi juga dapat menitipkan donasinya.
Kementerian Perdagangan melalui Ditjen Perdagangan Dalam Negeri telah melakukan refocusing anggaran tahun 2020 yang berupa bantuan alat dan sarana kesehatan untuk pedagang dan pembeli di 157 pasar rakyat dalam menanggulangi COVID-19.

Bantuan ini merupakan wujud dukungan Kemendag untuk menjaga pasar rakyat tetap dapat beroperasi dengan disiplin dan mengutamakan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Tujuannya, supaya pedagang tidak terus mengalami penuruan penjualan dan omzet.


Selain itu, melalui Bappebti, Kemendag juga memberikan bantuan alat kesehatan untuk 7 gudang SRG di 5 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Dengan tujuan yang sama, yaitu untuk membantu semua pihak terkait dalam mengurangi penyebaran virus COVID-19.



Pada kesempatan ini Menteri Agus juga menyampaikan bahwa Kemendag telah melakukan langkah strategis memotong mata rantai untuk mempercepat jalur distribusi pasokan gula, dalam rangka menstabilkan harga gula yang disinyalir melambung.

Di akhir kata, Menteri Agus menghimbau dan mengajak warga Jatim untuk tetap bersabar dan kuat menghadapi pandemi.