Pendaftaran LPK

posted on 04 Agustus 2022


LEMBAGA PENILAIAN KESESUAIAN (LPK)

Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang wajib didaftarkan adalah Lembaga Sertifikasi Produk yang menerbitkan SPPT SNI dan/atau Sertifikat Kesesuaian untuk barang yang telah diberlakukan SNI dan/atau Persyaratan Teknis secara wajib. LPK tersebut wajib telah memperoleh akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) atau penunjukkan dari Kementerian/Lembaga teknis terkait untuk lingkup produk yang akan disertifikasi. Pendaftaran LPK saat ini telah dilaksanakan secara online pada portal oss.go.id (khusus pendaftaran baru LPK swasta) atau di simpktn.kemendag.go.id (khusus pendaftaran baru LPK pemerintah/ perubahan ruang lingkup/pendaftaran ulang). Aplikasi pelayanan pendaftaran LPK ini telah terintegrasi dengan aplikasi NPB dan TPP SIR.

Integrasi aplikasi pendaftaran LPK ini tentunya akan memberi banyak keunggulan dibanding sistem sebelumnya yaitu pelayanan yang lebih efektif dan efisien, akurasi dan validasi data SPPT-SNI, Kemudahan dalam pengawasan pasar (untuk produk yang telah diberlakukan SNI wajib) serta kemudahan dalam upaya monitoring dan evaluasi kinerja LPK terdaftar. Integrasi aplikasi LPK telah mendorong para LPK terdaftar untuk secara disiplin menyampaikan pelaporan kegiatan sertifikasi sesuai tanggal terbit seperti laporan penerbitan, perpanjangan, perubahan, pembekuan, pengaktifan, dan/atau pencabutan SPPT-SNI. Apabila LPK tidak melakukan kegiatan sertifikasi , maka wajib menyampaikan laporan nihil paling lambat tanggal 15 (lima belas) bulan berikutnya.

Pelayanan pendaftaran LPK maksimal 3 (tiga) hari kerja terhitung sejak tanggal diterimanya pendaftaran dengan lengkap dan benar.

Infografis Pendaftaran LPK