Search

Ditjen PKTN Ikut Mendukung IISIA Business Forum 2023

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga membuka Booth/Stan untuk memberikan dukungan pelaksanaan IISIA Business Forum (IBF) 2023 yang diselenggarakan oleh The Indonesian Iron and Steel Industry Association (IISIA). IBF 2023 berlangsung pada tanggal 9-11 November 2023 di lndonesia Convention Exhibition (lCE), Jl. BSD Grand Boulevard Raya, BSD City, Tangerang, Banten.

Tujuan dari kegiatan IBF ini adalah menunjukan perkembangan industri baja nasional, memperlihatkan teknologi terbaru pembuatan besi baja, terutama teknologi yang terkait dengan green industry, bersama pihak terkait mendiskusikan dan merumuskan bersama pengembangan industri baja nasional kedepan, mematangkan penyusunan roadmap pengurangan emisi CO2 di industri baja nasional menuju target Net Zero Emission serta mendorong business matching antara anggota IISIA.

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib mendirikan Booth/Stan di IBF 2023 guna memberikan edukasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelaku usaha terkait tata cara pengurusan perizinan di bidang perdagangan dan pengawasan terhadap produk besi baja.

Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian membuka dan memberikan sambutan pada acara IBF 2023. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa Bapak Presiden memberikan apresiasi kepada para pelaku industri baja yang telah melakukan pengembangan untuk kemajuan industri baja kedepan, terbukti dengan adanya pertumbuhan industri baja sebesar 10,86 persen yoy di triwulan III 2023.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebagai keynote speaker/pembicara utama di IBF 2023 menyampaikann bahwa industri besi dan baja nasional berperan penting dalam mendukung ketahanan ekonomi nasional, khususnya melalui peningkatan ekspor dan pengendalian impor. Sebagai upaya mendukung industri besi dan baja nasional, pemerintah telah melakukan berbagai upaya, di antaranya mendorong kegiatan ekspor yang bernilai tambah melalui hilirisasi produk besi baja.

Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk terus menjalin sinergi dengan kementerian/lembaga lain dan seluruh pemangku kepentingan industri besi dan baja Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan menjaga ketahanan industri besi dan baja dalam negeri dan mendukung perekonomian nasional.