Search

Bimbingan Teknis PPTN dan PPNS-DAG Tahun 2023

  Dengarkan Berita Ini


Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Petugas Pengawas Tertib Niaga (PPTN) dan Penyidik Pengawas Sipil Perdagangan (PNS-DAG), di Hotel Santika Premiere Harapan Indah, Bekasi (25/10). Kegiatan Bimtek bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan pengawasan di bidang perdagangan. Dalam sambutannya saat membuka Bimtek, Direktur Jenderal PKTN Moga Simatupang menyatakan, melalui kegiatan ini diharapkan kapasitas, kompetensi, dan pengetahuan bagi para petugas pengawas dalam hal pelaksanaan pengawasan kegiatan perdagangan diharapkan dapat bertambah, serta dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kepatuhan pelaku usaha terhadap ketentuan yang berlaku dan perlindungan terhadap konsumen di Indonesia.

Direktur Tertib Niaga Tommy Andana menambahkan, melalui pelaksanaan kegiatan bimtek ini diharapkan dapat menjadi media bagi para petugas pengawas untuk membangun konektivitas. Konektivitas yang dimaksud adalah konektivitas antar petugas pengawas pusat dan petugas pengawas daerah agar pelaksanaan pengawasan kegiatan perdagangan berjalan lebih optimal.

Bimtek diselenggarakan secara hibrida, dihadiri oleh 204 orang peserta yang terdiri dari 20 peserta hadir secara luring dan 184 peserta hadir secara daring berasal dari instansi pusat Kementerian Perdagangan serta dinas-dinas yang membidangi perdagangan di provinsi dan/atau kabupaten/kota.

Turut hadir sebagai narasumber, Kasubbagpers Bagminpers Biro Korwas PPNS Bareskrim Polri AKBP Aris Tri Yunarko, Kepala Seksi Dukungan Operasional Intelijen Direktorat Penindakan dan Penyidikan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Andrias Tulus Cahyono, Jaksa Utama Pratama Kejaksaan Agung Arief Mulyawan, serta Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Muda Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Hunung Hapsari.

Berdasarkan data per Oktober 2023, terdapat 430 orang petugas pengawas yang telah mengikuti bimtek PPTN, PPNS-DAG, dan bimtek pengawasan kegiatan perdagangan. Adapun rinciannya, 182 orang telah mengikuti bimtek PPTN, 51 orang telah mengikuti bimtek PPNS-DAG, dan 197 orang lainnya telah mengikuti bimtek pengawasan kegiatan perdagangan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Perdagangan.