Search

Dirjen PKTN Pimpin Rapat Pembahasan Rancangan Kepmendag tentang Satgas Pengawasan Barang Impor

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Moga Simatupang membuka rapat pembahasan Rancangan Keputusan Menteri Perdagangan tentang Satuan Tugas Pengawasan Barang Impor, yang dilaksanakan hibrida secara virtual dan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jumat (12/7).

Pertemuan ini sebagai tindak lanjut dari rencana Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid untuk membentuk Satgas sehubungan dengan adanya dugaan perbedaan data impor yang cukup besar antara Badan Pusat Statistik (BPS) dan negara pengekspor, serta upaya pemberantasan impor ilegal.

Dalam pertemuan ini, rapat yang selanjutnya dipimpin oleh Sekretaris Ditjen PKTN Ivan Fithriyanto meminta masukan dari seluruh pemangku kepentingan atas Rancangan Kepmendag tersebut.

Hadir dalam pertemuan tersebut Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Ahmad Rifadi, , Direktur Tertib Niaga Tommy Andana, dan Direktur Impor Arif Sulistiyo.

Hadir pula perwakilan dari pemangku kepentingan terkait diantaranya dari Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, POLRI Kejaksaan RI, BIN, BPOM, Bakamla, perwakilan asosiasi pelaku usaha, dan perusahaan surveyor.