Search

Ditjen PKTN Gelar Pertemuan Teknis Standardisasi dan Pengendalian Mutu

  Dengarkan Berita Ini


Memandang perlunya koordinasi dan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah di bidang standardisasi dan pengendalian mutu, Ditjen PKTN kembali menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan “Pertemuan Teknis Bidang Standardisasi dan Pengendalian Mutu Tahun 2024” pada Senin (14/10) bertempat di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat.

Kegiatan yang juga digelar secara virtual ini dibuka secara offline oleh Dirjen PKTN Rusmin Amin. Dalam sambutannya, Dirjen PKTN menyampaikan bahwa perlunya kolaborasi yang baik antara para pemangku kepentingan, sehingga diharapkan dapat mempermudah dalam pelayanan dan penerapan SNI.

Pertemuan Teknis diisi dengan diskusi panel yang menghadirkan narasumber dari Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri yaitu Wanto selaku Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda dan Kepala Biro Perencanaan Kemendag, Sukoco. Diskusi panel pada sesi pertama ini membahas tentang penetapan indikator kinerja daerah dan pengelolaan retribusi daerah dalam meningkatan pelayanan publik.

Pada sesi kedua, digelar diskusi yang membahas mengenai Perencanaan Karir Jabatan Fungsional Penguji Mutu Barang, dengan menghadirkan narasumber Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Perdagangan Kemendag, Sri Iryanti.

Sebagai materi terakhir, yaitu pengenalan program Dit. Standalitu dalam peningkatan peran BPSMB yang disampaikan oleh Ketua Tim Pembinaan Infrastruktur Mutu Ditstandalitu, Astika Tresnawati.

Peserta pertemuan teknis ini kurang lebih sejumlah 70 orang yang merupakan Kepala Balai dan Manajer Teknis/Mutu dari 34 Balai Pengujian Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB), Dinas yang membidangi Perdagangan di 29 provinsi di Indonesia. Turut hadir pada kegiatan ini, Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu Matheus Hendro Purnomo dan Sekretaris Ditjen PKTN Ivan Fithriyanto.