Kemendag melalui Ditjen PKTN berkolaborasi dengan Lampu.id dan Lazada Indonesia menyelenggarakan lokakarya bertajuk "Pakai AI: Raih Lebih Banyak Konsumen dan Cuan Maksimal” yang diselenggarakan di Auditorium Kementerian Perdagangan, hari ini, Rabu, (12/2).
Melalui Lokakarya ini, pelaku UMKM diharapkan dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat, menjangkau lebih banyak konsumen, dan meningkatkan pendapatan dengan pemanfaatkan teknologi. Dirjen PKTN, Moga Simatupang dalam sambutannya saat membuka kegiatan turut menghimbau agar pelaku usaha tetap mengedepankan perlindungan konsumen di tengah kemudahan teknologi, khususnya Artificial Intelligence.
Hadir sebagai pembicara/narasumber yaitu Direktur Pemberdayaan Konsumen Rihadi Nugraha, Vice President Government Affairs Lazada, Yovan Sudarma Y. S., Direktur Graas Indonesia Technology Odhi Ahmad Turmudzi, dan kreator konten kecerdasan buatan Rio Ardhillah.
Kegiatan Lokakarya bertujuan mendorong transformasi digital untuk perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengan (UMKM) dengan pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Pelaku UMKM juga diharapkan untuk selalu memberikan informasi yang benar, jelas, beritikad baik, dan bertanggung jawab dalam menjalankan usaha, termasuk dengan memberikan jaminan mutu barang serta ganti rugi sesuai dengan yang disepakati kepada konsumen.
Pada sesi pertama, pelaku UMKM dibekali dengan materi mengenai bagaimana AI dapat membantu otomatisasi operasional bisnis hingga memberi dukungan untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Dilanjutkan pada sesi ke-dua, peserta dikenalkan dengan berbagai aplikasi AI yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan konten demi peningkatan pemasaran dan penjualan.
Lokakarya ini dihadiri 150 pelaku UMKM dari Jabodetabek yang bergerak di sektor fesyen, kesehatan dan kecantikan, kriya, serta kuliner.