Search

Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik Tahun 2022

  Dengarkan Berita Ini


Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan menerima kunjungan kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kamis (22/9).

Kegiatan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik dibuka oleh Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Rr. Dyah Palupi, serta dihadiri Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia, perwakilan dari Inspektorat Jenderal, perwakilan dari Sekretariat Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, serta para Ketua Bidang dan Balai di lingkungan Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu.

Dalam sambutannya, Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu menyampaikan bahwa dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu selalu berupaya dan berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna layanan dengan sebaik-baiknya dengan memenuhi aspek-aspek layanan sesuai ketentuan, karena kualitas menjadi prioritas.

Kegiatan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan melihat secara langsung pelayanan yang ada di Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan (UPTP) III, yakni layanan Penerbitan NPB, Pendaftaran LPK, Penerbitan TPP SIR, pengujian mutu barang, kalibrasi serta sertifikasi. Pada kegiatan tersebut dilakukan juga pengecekan atau konfirmasi data isian formulir F-01 yang sebelumnya telah disampaikan oleh Bidang Bimbingan dan Verifikasi Mutu Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, selaku lokus penilaian, kepada pihak KemenpanRB untuk disesuaikan dengan bukti-bukti yang ada.

Sebagai informasi, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu telah mengikuti evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik sebanyak 3 (tiga) kali sejak tahun 2020. Lebih lanjut, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu telah melakukan perbaikan secara terus-menurus untuk meningkatkan kinerja pelayanan termasuk beberapa upaya inovasi dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna layanan.

Kegiatan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik secara digital oleh Evaluator, Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia Kementerian Perdagangan serta Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu Kementerian Perdagangan.