Search

The 2nd Validation Workshop for the Revised ASEAN Consumer Empowerment Index (ACEI) Guidance Document and Questionnaire

  Dengarkan Berita Ini


Dalam rangka persiapan pelaksanaan Survei ASEAN Consumer Empowerment Index (ACEI) dan tindak lanjut rangkaian pertemuan 25th ASEAN Committee on Consumer Protection (ACCP), Direktorat Pemberdayaan Konsumen menghadiri The 2nd Validation Workshop for the Revised ASEAN Consumer Empowerment Index (ACEI) Guidance Document and Questionnaire pada 7 Desember 2022 secara virtual melalui Ms. Team.

Pertemuan difasilitasi oleh Sekretariat ASEAN dan dihadiri oleh 10 perwakilan Negara Anggota ASEAN yang menangani perlindungan konsumen. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Ketua Tim Kemitraan Perlindungan Konsumen pada Direktorat Pemberdayaan Konsumen.

Pertemuan ini dilatarbelakangi karena concern Indonesia terkait indikator dan kuesioner survei yang kurang relevan baik dari kuantitas maupun kualitas. Sehingga pada pertemuan ACCP ke 25, diputuskan untuk membahas masalah ini pada sesi khusus. Agenda pertemuan membahas draft revisi Dokumen Panduan dan Kuesioner ACEI, guna mengakomodir masukan akhir dari Anggota ACCP dan memastikan relevansi, penerapan, dan pengelolaan ACEI.  Indonesia telah menyampaikan beberapa concern terkait indikator dan pertanyaan yang akan digunakan serta pentingnya kualitas dan kuantitas dalam pelaksanaan survei.

Setelah berdiskusi dan saling memberikan masukan, akhirnya pertemuan mengakomodir masukan Indonesia dan menyepakati draft Dokumen Panduan dan Kuisioner untuk kemudian akan di-endorse oleh ACCP pada Minggu ke tiga Bulan Desember 2022.  Survei ACEI ini akan dilaksanakan pada tahun 2023 secara online oleh seluruh negara anggota ASEAN.