Search

Penerbitan TPP SIR


Penerbitan Tanda Pengenal Produsen Karet – Standard Indonesia Rubber (SIR)

Karet Alam Spesifikasi Teknis Indonesia (SIR) adalah karet alam yang diperoleh dari pengolahan lateks, koagulum karet atau bahan olah karet yang berasal dari pohon hevea brasiliensis secara mekanis dengan atau tanpa bahan kimia, berbentuk karet remah (crumb rubber) atau karet bongkah (block rubber) yang sifatnya ditetapkan berdasarkan kriteria mutu.

Pendaftaran Tanda Pengenal Produsen (TPP) SIR diselenggarakan dalam rangka menjaga mutu dan meningkatkan daya saing ekspor Karet Alam Spesifikasi Teknis Indonesia (SIR), menjaga citra produk Indonesia di Pasar Dunia, serta memberikan kepastian usaha bagi produsen SIR. Sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 26 Tahun 2021, TPP SIR menjadi identitas Eksportir Produsen SIR dimana penerbitannya didasarkan kepada pemenuhan SIR terhadap SNI 1903:2017. Pemenuhan SNI 1903:2017 dibuktikan melalui kepemilikan SPPT-SNI yang diterbitkan oleh Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang telah terakreditasi KAN dan terdaftar di Kementerian Perdagangan.

Pendaftaran TPP SIR dapat dilakukan secara online oleh eksportir produsen SIR melalui portal oss.go.id (Pendaftaran TPP SIR baru) atau SIMPKTN (untuk pendaftaran TPP Perubahan/perpanjangan). TPP SIR akan diterbitkan paling lama 3 (tiga) hari kerja terhitung sejak tanggal dokumen diterima dengan lengkap dan benar.

Informasi terkait daftar Penerbitan TPP SIR dapat dilihat pada tautan berikut:

Info TPP SIR